29 Mei 2019 12:05 wib
  • pendidikan

Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) UIN SU semester IV-B, menggelar kegiatan Gebyar Safari Ramadan di Dusun I Desa Sugiharjo Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan berlangsung selama dua hari, 25-26 Mei 2019.

 

Gebyar Safari diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti penguatan keagamaan, pesantren kilat,perlombaan hafalan surah pendek, adzan, puisi islami dan pildacil bagi siswa-siswa MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan.

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari mahasiswa PMI, sebagai ajang pembelajaran di luar kampus sekaligus pengabdian kepada masyarakat. "Kita sengaja bikin safari, buat pembelajaran ke kita sendiri supaya terbiasa terjun dan mengabdi ke masyarakat," kata M. Rahmanhamdani selalu ketua panitia.

"Program-programnya memang disusun agar bisa memakmurkan mesjid, melihat potensi anak-anak dalam bidang agama, dan  kemudian merubah pemikiran yang tradisional menjadi modern. Agar adik-adik kita termotivasi," jelas Hamdan lagi

Di hari pertama,  kegiatan diisi dengan materi penguatan keagamaan oleh salah satu Dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN SU, Ilham Mirzaya Putra SE, M.Si. Kemudian ba'da dzuhur acara dilanjutkan dengan perlombaan hafalan surah pendek. Hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pesantren kilat. Imam El Islamy Zayn S.Sos menyampaikan motivasi kepada siswa/siswi MTs Nurul Khairiyah. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan pildacil, puisi islami dan adzan. Kegiatan ditutup dengan buka bersama mahasiswa PMI dan adi-adik MTs Nurul Khairiyah Sei Tuan.

Kepala MTs Nurul Khairiyah, Ridwan S. Pdi yang akrab disapa muallim menyambut baik kegiatan yang diadakan. "Ini sangat positif. Anak-anak muallim mulai hari ini diperbolehkan mencuri. Mencuri ilmu, kakak dan abang-abangnya. Gimana mereka bisa sukses,  bagaimana mereka semangat sampai kuliah. Karena bagi kita disini mungkin kuliah masih sulit."