20 September 2019 09:20 wib
  • pendidikan,pengabdian-masyarakat

Senin (9/9), Dwinta Ayu Widyastuti.SY, mahasiswi pengembangan masyarakat Islam, semester V-b mengikuti pengabdian yang diakan oleh YouCan ( Youth Center to Act For Nation) dengan  tema millenial mengabdi di Indonesia dan Malaysia. Di Malaysia rangkaian kegiatan berlangsung selama tiga hari, hari pertama pengenalan delegasi, hari kedua berkunjung ke  Community development workshop di universitas Malaya, dilanjutkan dengan pertunjukan budaya Malaysia di Malaysia tourism center, dan dilanjutkan berkunjung ke perkampungan warga negara Indonesia di kampung Klang lama.

Di hari ketiga para delegasi bersiap melanjutkan perjalanan  menuju tempat pengabdian di Dumai tepatnya di bangsal aceh. Di hari keempat pengabdian sudah mulai dilakukan dimulai dengan penyambutan pihak lurah dan setelah itu melaksanakan program kerja masing-masing sesuai divisi. Dwinta sendiri terpilih sebagai koordinator divisi ekonomi.

Kabut asap yang menyelimuti Dumai mengganggu beberapa aktivitas delegasi untuk melaksanakan program kerjanya, namun mereka tetap semangat. Banyak sekolah yang diliburkan karena kabut asap,bahkan sampai saat ini kabut asap semakin tebal. Selain itu banyak pabrik industri yang berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat semakin membuat kondisi udara semakin buruk. Di hari keenam kondisi asap semakin parah sehingga pihak panitia memutuskan untuk menjemput para delegasi, karena di khawatir kan akan menggangu kesehatan para delegasi.

Terakhir, abangda Muhammad Yazid selaku ketua hmj berpesan kepada dwinta semoga dengan berangkatnya adinda dwinta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman. Dan ketika kembali nanti dapat membagikan ilmu yang di dapat kepada adik-adik dan teman-teman lainnya